Friday, March 21, 2014

XL Resmi Bekerjasama Dengan Axis


Kesepakatan akuisisi PT. XL Axiata Tbk (XL) dan PT. Axis Telekom Indonesia (Axis) akhirnya mencapai tahap akhir.  XL resmi menyelesaikan kesepakatan akuisisi Axis dengan nilai transaksi USD865 juta.


Kesepakatan ini ditandai dengan penandatangan dokumen penyelesaian transaksi antara XL dan Saudi Telecom Company (STC), selaku pemegang saham Axis, pada Rabu 19 Maret di Menara Prima, Jakarta. Masing-masing pihak dalam penandatangan ini diwakili oleh Chief Operating Officer XL William Lucas Timmermans, Direktur Utama Axis Erik Aas, dan Group Chief Financial Officer STC K. Ravi Kumar.

Penyelesaian proses akuisisi ini dicapai setelah XL memperoleh seluruh persetujuan yang dipersyaratkan sebelumnya dalam Perjanjian Jual Beli Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement - CSPA), yang meliputi persetujuan dari pihak-pihak terkait yaitu Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo), pemegang saham XL mrlalui RUPSLB, pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pernyataan tidak ada keberatan dari Bursa Efek Indonesia, persetujuan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) untuk rencana akuisisi, dan persetujuan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) terhadap rencana akuisisi san merger XL - Axis.

Dengan selesainya transaksi akuisisi ini, XL secara resmi telah menjadi pemegang saham di Axis.
"Kami berterimakasih dan memberikan apresiasi tinggi atas dukungan dari berbagai pihak, terutama regulator, pemegang saham, serta konsumen XL dan Axis, sehingga proses akuisisi ini akhirnya dapat tercapai," ungkap Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, di Jakarta, Kamis (20/3/2014).

Hasnul menilai konsolidasi industri telekomunikasi yang terjadi saat ini, sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk memastikan industri telekomunikasi berjalan sehat dan berkesinambungan.
Pasca rampungnya akuisisi ini, XL akan melanjutkan dan menyelesaikan serangkaian proses menuju finalisasi merger sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Setelah mendapat persetujuan secara resmi melakukan merger dan akuisisi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), PT XL Axiata Tbk (XL) dan Axis langsung lempar promo sebelum 2014. Selain memberikan tarif yang murah, XL dan Axis juga mengumumkan berbagai layanan kedua perusahaan yang digunakan secara bersama.

GM Customer Service Axis, Juliandi G.F Simanjuntak, mengatakan komunitas pelanggan Axis saat ini menjadi lebih besar karena bergabung dengan komunitas XL. Yang tadinya hanya 17 juta orang, kini bertambah 65 juta dari pelanggan XL.

Begitu pula dengan BTS yang dimiliki Axis, sekira 9.500 BTS, kini juga bisa menggunakan 42 ribu BTS milik XL untuk menyediakan jangkauan yang lebih luas. Selain itu, sebanyak 28 dari 112 service center yang dimiliki oleh XL, kini juga bisa dinikmati oleh pelanggan Axis yang juga memiliki 25 Axis Shop. Ke depannya, keseluruhan XL Center tersebut bakal dikerahkan seluruhnya agar bisa dinikmati pengguna Axis.

Artikel Terkait News ,Pengetahuan ,Teknologi

Popular Posts